Langsung ke konten utama

Mencret pada Kelinci musuh Petani

Diare merupakan salah satu dari penyakit kelinci yang membutuhkan penanganan dengan baik. Diare ini bisa mengakibatkan kematian pada kelinci.


Kalau mengerti tentang pengobatan diare /mencret pada kelinci tentu tidak akan mengakibatkan hal yang fatal atau menimbulkan kematian.


Diare adalah diarrhea:Inggris sebuah disaat tinja atau feses berubah menjadi lembek atau cair. Kalau tidak segera ditangani dengan tepat dan cepat akan mengakibatkan kelinci mati.


Diare pada kelinci disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu:

  • Bakteri


Diare yang disebabkan bakteri ditandai dengan selalu diawali dengan feses yang berlendir, karena bakteri tersebut menyerang selaput lendir pada dinding usus.

Pengobatan dengan antibiotic dan diikuti pemberian serat kasar atau rumput

  • Stres
Kelinci bisa juga stres tidak cuma manusia yang stres. stres ini penyembabnya adanya ancaman atau gangguan bisa juga perubahan cuaca ekstirm atau perubahan pola makan

Pengobatan 
adanya gangguan : dengan dijauhkan gangguan
cuaca : diusahakan kalau dingin dtambah kerodong penutup kandang, kalau baru disapih dikembalikan pada induknya

  • Kurang Kadar serat
Secara umum kadar serat kebutuhan kelinci adalah 13-14 % nah kalau lebih bagaimana ? misal 17%? tentu saja bagus dalam pencernakan kelinci namun kalau kemudian berubah kebiasaan dari konsumsi serat 17% langsung drastis menjadi 13% tentu ini mengakibatkan kelinci menret.


Penangannya adalah ditambah konsumsi seratnya, tidak merubah pola makan dengan drastis

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Landasan Ilmu ternak Kelinci

Kembali ke soal peluang, maka sesungguhnya hal yang terpenting dari maju dan tidaknya ternak kelinci secara modern (dari hulu ke hilir =dari kandang ke pasar) sangat membutuhkan pasokan ilmu pengetahuan yang kuat, motivasi yang handal serta komitmen menjadi usahawan kelinci sejati. Pengalaman di lapangan membuktikan, bahwa kemiskinan ilmu pengetahuan lebih berbahaya ketimbang kemiskinan materi (modal uang). Kita harus mendudukkan bahwa kebodohan dan kemiskinan ini adalah ratai kasar, belenggu, yang harus dilepaskan terlebih dahulu. Tetapi kalau keduanya tidak bisa dilepaskan seketika, maka saya akan mengusulkan lebih penting melepaskan belenggu kebodohan terlebih dahulu, baru kemudian kita melepaskan kemiskinan.

17 Penyakit Kelinci yang sering Menyerang

Setidaknya ada 17 penyakit kelinci yang sering menyerang pada kelinci yang harus mendapatkan perhatian kusus. Gudig/Kudis (Scabies) pada kelinci Penyebab : tungau (Darcoptes scabies), sering terjadi kandang tidak bersih atau terlambat membersihkan, bisa juga karena tertular dengan kelinci yang telah terkena scabies Tanda-tanda atau gejala : a. terlihat bintik bintik coklat pada bagian tepi telinga kelinci b. pangkal kuku jari kaki kelinci yang terserang akan membengkak dan berwarna merah kalau dibiarkan akan menjalar disekujur kulit kelinci Pengendalian : a. menjaga kebersihan kandang b. kelinci nyang terserang di isolasi agar tidak menular c. olesi bagian yang luka menggunakan salep belerang 2-3 kali sehari d. suntik dengan wormektin Sembelit Sembelit atau susah buang air besar disebabkan pemberian pakan kering yang tidak seimbang dengan kebutuhan air Gejala a. Kelinci terlihat gelisah b